Apa yang Dimaksud Backlink Berkualitas

Apa yang dimaksud dengan backlink bekualitas? Backlink adalah link dari blog lain yang mengarah ke blog kita. Backlink ini memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu blog.

Backlink yang baik juga didukung dengan Anchor Text yang baik juga. Anchor Text adalah teks yang terlihat oleh kita saat mengklik suatu link

Ada backlink yang memberikan kualitas peningkatan SEO yang baik bagi suatu blog, ada juga backlink yang memberikan pengaruh yang biasa-biasa saja, bahkan ada backlink yang malah mencederai posisi di halaman di google.

Apa yang Dimaksud Backlink Berkualitas


Jadi, mari kita bahas apa saja yang mempengaruhi kualitas sebuah backlink.

Relevansi Halaman Yang Kita Pasangi Backlink

Maksudnya adalah bahwa link yang datang dari halaman yang relevan (memiliki kesamaan topik dengan halaman kita) akan membawa jauh lebih banyak Kekuatan untuk situs kita dibanding link dari halaman yang tidak relevan.

Domain Authority dan Page Authority Asal Link

Domain Authority adalah otoritas domain utama, sedangkan Page Auhtority adalah otoritas halaman yang ada di domain tersebut. DA atau PA ini dihitung dari angka 0 - 100, semakin tinggi nilainya maka semakin bagus backlink yang anda dapat.

Otoritas dari Situs (Link Authority)

Hal pertama yang paling penting adalah otoritas dari suatu situs. Jika anda mendapatkan link dari Wikipedia.org, maka anda bisa harapkan mendapatkan banyak link juice menuju ke situs anda. Jika misal anda mendapat link dari blog relevan PR 5 dibandingkan dengan anda mendapatkan link dari blog relevan PR 2, maka anda bisa harapkan ranking lebih tinggi dari blog relevan PR 5 Kenapa?

Karena Google tahu bahwa situs-situs yang memiliki otoritas tinggi seperti Wikipedia hanya me-link ke sumber yang dapat dipercaya. Selain itu, Google menganggap bahwa blog ber PR tinggi (dengan authority) umumnya lebih ‘pemilih’ melakukan backlink pada situs yang kurang berkualitas

Pagerank Suatu Halaman Yang Kita Pasangi Link

Page rank merupakan ‘nilai’ yang Google berikan pada halaman di internet. Secara keseluruhan, memiliki PR yang tinggi menandakan seberapa kuat dan seberapa bisa dipercaya suatu halaman di mata Google

Page rank pada suatu halaman umumnya dikendalikan dan dikontrol melalui jumlah link yang mengarah ke suatu halaman tersebut, siapa yang me link ke halaman tersebut, dan berapa PR dari halaman yang memiliki link yang mengarah ke halaman tersebut. Tapi PR juga kadang dikendalikan oleh faktor misterius yang menjadi rahasia Google sendiri.

Jumlah Outbound Link dari Halaman Yang Kita Pasangi Link

Artinya adalah jumlah link yang ada dalam satu halaman mempengaruhi kekuatan link yang keluar dari halaman tersebut. Semakin banyak link yang keluar dari sebuah halaman, maka semakin sedikit power dari masing-masing link.

Link dari halaman PR 9 yang mengarah ke situs anda, tapi di halaman yang sama juga memiliki satu milyar link yang mengarah ke halaman lain di situs lain mungkin akan bernilai lebih rendah dibanding link satu-satunya dari halaman PR 2 yang mengarah ke situs anda.

Tentu saja contohnya agak lebay, tapi saya harap anda paham maksud saya. Tapi karena tidak ada yang benar-benar tahu seberapa kuat kekuatan link PR 5 dengan outbound link 300 dibandingkan link PR 4 dengan outbound link 4, tentu saja hal ini hanya benar hingga tingkat tertentu saja. Intinya adalah jika anda ingin membangun link di suatu halaman, perhatikan juga jumlah link yang ada di sana.

Memiliki banyak link memang bagus, tapi tidak ada artinya memiliki banyak link yang mengarah ke halaman yang sama dari satu halaman yang sama. Misal, 4 link dari halaman blog blogspot ke halaman situs utama anda, meskipun dengan anchor text yang berbeda-beda.

Tipe Situs Asal Link (Link Types)

Google tahu benar dari mana dan dari situs jenis apa link anda berasal. Untuk memastikan situs anda ranking tinggi oleh Google, tentunya Google harus bisa tahu dimana link anda, sehingga ia bisa menghitung kekuatan total dari link-link yang anda miliki, dan kemudian menyesuaikan posisi anda di search engine berdasarkan total kekuatan link yang anda miliki.

Posisi letak Juga Berpengaruh Pada Kualitas Backlink

Relatif mudah bagi webmaster untuk menyelipkan link di bagian footer, atau sidebar, atau header. Beberapa webmaster yang ahli kode HTML, CSS, dan PHP bahkan membuat theme atau plugin gratis dan membubuhkan link ke situs mereka di bagian footer, header, atau sidebar.

Beberapa situs juga menjual link di sidebar mereka. Google tahu hal ini dan oleh karenanya Google memberikan nilai yang lebih sedikit bagi link yang terletak di bagian ini. Tentu saja link di bagian footer, header, dan sidebar masih memiliki nilai.

Di situs dengan PR yang tinggi, link di bagian footer tetap saja link yang amat sangat powerful. Tapi letak link terbaik adalah link yang diletakkan secara kontekstual. Dan yang dimaksud dengan link kontekstual adalah link yang diletakkan secara alami di badan artikel, disisipkan di antara kalimat dan paragraf (tidak disendirikan).

Sekian artikel simple tentang faktor-faktor yang menentukan kualitas sebuah backlink. Semoga bermanfaat untuk anda. Salam Blogger

Popular posts from this blog

Tutorial Membuat Privacy policy Dengan Mudah

Peringkat Regional Director Untuk Trading All Crypto dan Peluang Gaji Bitcoin

Cara Ampuh Meningkatkan Pagerank Sebuah Website Atau Blog